Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Crypto Pemula

Memasuki dunia yang serba digital, instrumen keuangan juga ikut menuju masa digital. Transaksi tidak hanya menggunakan mata uang asli, tapi bisa juga menggunakan mata uang crypto. Namun ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemain crypto pemula

Kesalahan trader crypto pemula sering terjadi akibat minimnya pengetahuan. Beberapa orang hanya menilai bahwa investasi crypto pasti akan memberikan keuntungan dalam jumlah besar seperti yang dialami para trader ahli. 

Padahal setiap trader pasti pernah mengalami kerugian di masa-masa awal memasuki pasar crypto. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemain crypto pemula

1. Kurang Penelitian 

Sebagai pemula, penting untuk melakukan penelitian sebelum memasuki pasar crypto. Paling tidak baca dengan teliti pengertian dan cara trader crypto bagi pemula

Manfaat melakukan penelitian crypto untuk pemula adalah untuk mengetahui tingkat risiko yang dimiliki. Pasalnya setiap individu memiliki tingkat resikonya masing-masing. Jadi tidak bisa disamakan antara individu satu dengan lainnya. 

Selain itu, saat ini pasar crypto belum terbilang aman 100 persen. Masih banyak gangguan berupa spam dan penipuan. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan penelitian untuk menghindari terjebak dalam penipuan.

2. Melakukan Trading Tanpa Strategi 

Memasuki toko crypto tanpa memiliki pengetahuan dan melakukan penelitian bisa menjadi kesalahan yang akan disesali seumur hidup. Karena tanpa pengetahuan dan penelitian, tidak akan bisa membuat strategi untuk trading. 

Bagi pemula, setelah melakukan penelitian penting untuk menyusun strategi trading. Salah satu cara trader crypto bagi pemula adalah dengan mengikuti arus pasar yang sedang berjalan. 

Dengan mengikuti arus, trader pemula bisa sambil belajar tentang strategi selanjutnya yang bisa diambil. 

3. Tidak Melakukan Diversifikasi 

Diversifikasi adalah salah satu strategi trading dengan cara berinvestasi pada beberapa jenis aset. Tujuan utamanya yaitu untuk menghindari kerugian secara bersamaan jika satu aset sedang dalam kondisi tidak stabil. 

Tidak melakukan diversifikasi menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemain crypto pemula

Seperti kata pepatah “jangan meletakkan semua telur dalam satu keranjang”. Karena jika satu telur busuk atau pecah, maka kualitas telur lainnya juga menjadi tidak bagus lagi. 

Hal tersebut sama dengan investasi mata uang crypto. Jika akan berinvestasi, maka belilah dengan beberapa jenis aset agar tidak mengalami kerugian total jika satu aset sedang dalam kondisi tidak baik. 

Platform Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemain crypto pemula, kami akan memberikan contoh platform jual beli crypto yang terpercaya di Indonesia. 

Platform jual beli crypto yang menempati posisi teratas di Indonesia adalah Indodax. Hingga kini, Indodax telah digunakan lebih dari 1,6 juta pengguna di Indonesia. 

Meskipun menyabet platform jual beli crypto terpercaya di Indonesia, tetap ada keuntungan dan kerugian berinvestasi di Indondax. Beberapa keuntungan dan kerugian Indodax adalah sebagai berikut. 

  • Keuntungan Indodax antara lain berupa data yang lengkap, user friendly, deposit menggunakan crypto dan memiliki wallet crypto sendiri. 
  • Kerugian Indodax antara lain biaya trading yang cukup mahal, belum mendukung deposit melalui credit card, pembatalan order hanya bisa dilakukan secara manual, belum ada fitur short selling dan NFT. 

Seperti yang telah disebutkan, kesalahan trader crypto pemula sering terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan tidak dilakukannya penelitian sebelum memasuki pasar crypto. 

Jika hal tersebut dilakukan, maka anda akan bisa menghindari kesalahan yang sering dilakukan pemain crypto pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *