Bagaimana Cara Menabung Saham Untuk Pemula? Ini Jawabannya

Investasi saham memang menguntungkan jika sudah mengetahui cara-caranya. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui bagaimana cara menabung saham untuk pemula dan mengembangkan dananya agar mendapat untung yang lebih wajib Anda kuasai.

Menabung saham, bisa digunakan untuk mempertahankan jumlah harta Anda agar tidak tergerus inflasi. Menabung saham juga bisa membawa keuntungan. Bagi Anda yang masih awam, simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui rincian langkah-langkahnya.

6 Cara Menabung Saham untuk Pemula

Meskipun hanya pemula, berikut beberapa tahapan untuk mulai menabung saham yang bisa Anda lakukan:

1. Memilih Platform Investasi

Salah satu bentuk investasi saham adalah dengan mempersiapkan tabungan saham. Pada umumnya seperti pengertian investasi, Anda juga harus melakukan penanaman dana yang ditujukan untuk perusahaan penanam saham.

Mungkin pada awalnya Anda tidak tau bagaimana cara menabung saham untuk pemula dan bagaimana cara menentukan platform investasi yang tepat. Anda perlu mencari informasi mengenai platform saham melalui media online, bank dan sumber lain.

Tapi sebelum masuk platform investasi, Anda harus memeriksa kelayakannya terlebih dahulu dan jangan lupa legalitas dari platform investasi saham tersebut. Selain itu, biasanya Anda disuruh untuk membayar biaya admin setiap melakukan transaksi, biaya admin tidak ada 1% dari jumlah yang diinvestasikan.

2. Sikapan Segala Jenis Kelengkapan Dokumen

Setelah melakukan platform investasi yang dirasa pas, kini Anda saatnya bergerak untuk membuka rekening saham di platform. Anda hanya perlu mendaftar atau mempersiapkan dokumen yang menjadi prasyaratnya. 

Banyak platform investasi hanya membutuhkan dokumen Anda berupa kartu tanda penduduk, rekening tabungan bank, juga nomor pokok wajib pajak (NPWP). Jika sudah lengkap, sejumlah isian terkait pembukaan rekening saham, nilai dari besarnya investasi. 

3. Tentukan Nominal Tabungan Saham

Bagi pemula, memang belum mengetahui berapa jumlah saham dan investasi minimal di platform. Batas saham minimal adalah Rp 100.000, sementara itu batasan maksimalnya adalah nominal yang Anda mampu.

Namun, Anda jangan terburu buru memasukan uangnya dalam dana besar untuk menabung saham.  Pastikan Anda menggunakan investasi untuk saham, guna memberikan pengamanan untuk uang. 

4. Masukan Dana Ke Rekening Saham

Proses pembukaan rekening saham pertama-tama harus mengisi formulir pembukaan rekening saham, sampai pihak bank mengeluarkan pernyataan dokumen maksimal. Setelah itu, rekening Anda bisa dikatakan telah memenuhi syarat dan aktif. 

Bagaimana cara menabung saham untuk pemula? Ternyata mudah. Anda dapat mentransfer sejumlah dana yang sangat mudah ditentukan di tabungan. Dalam hitungan detik, dana Anda telah terkirim. 

5. Tentukan Jenis Saham

Cara menabung di saham yang benar, tidak asal-asalan harus melalui tahapan yang tepat dalam memilih yang saham akan Anda gunakan. Jika jenis saham yang dipilih asal-asalan, justru bisa merugikan Anda. 

Secara umum, ada 9 saham yang di pertimbangkan untuk dibeli.  Jenis saham tersebut adalah saham agrikultur, pertambangan, penggalian, industri dasar, kimia, mesin berat dan mesin ringan. Tidak ada jenis investasi saham yang lebih baik dari pada yang lain. 

6. Pilih Perusahaan Yang Ingin Di Beli

Dalam tiap jenis saham, terdapat puluhan hingga ratusan macam di dalamnya.  Perusahaan yang menerbitkan sahamnya di Indonesia 2021 terus bertambah. Tercatat sebagai data terbaru untuk 2021, sudah 11 perusahaan yang melakukan initial publik. 

Selain mengikuti langkah bagaimana cara menabung saham untuk pemula, menabung saham untuk investasi ternyata bisa di barengi dengan pembelian asuransi. Dalam melakukan penabungan, dalam media penabungan saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *