Apa itu Double Degree dan Manfaat Mendapatkan Gelarnya

Dalam dunia perkuliahan dan pendidikan terdapat istilah Double Degree yang cukup umum. Walaupun istilah ini terbilang cukup familiar di dunia pendidikan. Masih banyak orang yang tidak memahami apa itu double degree, pelaksanaannya dan manfaatnya. 

Pelaksanaan program double degree ada berdasarkan kesadaran bahwa ilmu pengetahuan saling berhubungan. Terkadang suatu ilmu pengetahuan membutuhkan wawasan dari ilmu pengetahuan lain agar bisa berjalan lebih maksimal dalam pelaksanaannya.

Double Degree memungkin mahasiswa untuk mempelajari banyak ilmu pengetahuan sekaligus umumnya dua cabang ilmu pengetahuan sekaligus. Berikut penjelasan mengenai program ini agar orang-orang bisa lebih memahami apa itu double degree

Mengenai Program Double Degree

Seperti yang dituliskan sebelumnya, program ini memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari banyak ilmu pengetahuan sekaligus. Umumnya yang dilakukan adalah mempelajari dua cabang ilmu pengetahuan sekaligus. 

Pengertian double degree sendiri sudah dijelaskan pada situs Kemristekdikti. Double Degree adalah program kerjasama antara perguruan tinggi nasional maupun internasional yang melaksanakan program studi secara bersama. 

Program studi ini akan saling mengakui lulusan yang belajar di bawah naungan masing-masing Universitas. Sehingga, setelah menyelesaikan masa belajarnya mahasiswa akan mendapatkan dua gelar. Serta diakui kelulusannya di kedua program studi tersebut. 

Program double degree sendiri memiliki dua jenis program double degree. Pertama adalah program double degree reguler dan program untuk akselerasi. Untuk program reguler, ditujukan untuk mahasiswa yang mengambil dua jurusan pada waktu yang bersamaan. 

Namun, dua jurusan tersebut masih sama-sama di tingkatan sarjana atau S1 saja. Berbeda dengan akselerasi, program ini memfasilitasi mahasiswa agar bisa melaksanakan kuliah sarjana atau S1 dan pascasarjana S2 pada waktu yang sama. 

Program studi atau jurusan yang dipilih dalam program akselerasi haruslah program yang linier. 

Manfaat Memiliki Gelar Double Degree 

Setelah mengetahui apa itu double degree, selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat mendapatkan gelar ini bagi seorang mahasiswa. Tentunya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa yang melakukan program ini. 

Manfaat double degree yang utama adalah memiliki jangkauan ilmu pengetahuan yang luas. Selain itu, berikut ini adalah manfaat lain memiliki gelar double degree. 

1. Memiliki Relasi yang Lebih Luas 

Mengikuti program double degree memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memiliki relasi yang lebih luas. Jika berkuliah pada perguruan tinggi dalam negeri, mahasiswa bisa memperluas jaringan dan relasi dengan antar kampus dan antara program studi. 

Melalui program ini, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Tentu saja, hal ini akan menambah luas relasi mahasiswa. 

2. Nilai Plus Saat Melamar Kerja 

Memiliki dua gelar di program studi yang berbeda maupun di gelar S2 lebih cepat. Tentu saja, hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi mahasiswa. Utamanya, ketika mahasiswa melamar ke perusahaan atau pekerjaan tertentu. 

Hal ini karena mahasiswa tidak hanya memiliki pengalaman di satu bidang saja. Melainkan, di dua bidang yang saling berhubungan. Beban yang ditanggung pun dua kali lipat dari program kuliah biasa. Hal ini cukup untuk membuat HRD perusahaan terkesan. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu double degree dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan ketika menjalani programnya. Program double degree bukanlah program yang mudah untuk dijalani. Jadi, pastikan diri sendiri siap dan sanggup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *